Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

gabunglah dengan ribuan orang pecinta "HIDUP sehat"

L-Carnitine: membuat six-pack?

Written By Admin on Saturday 21 May 2011 | 03:40

Anda tentu pernahmelihat sebuah iklan seorang laki-laki dengan bentuk tubuh yang wah karena minum suplemen makanan yang mengandung L carnitin. Entahdisengaja atau tidak, dimunculkan kesan kuat bahwa L carnitine yang terkandung dalamsuplemen tersebut adalah faktor utama yang mendorong tubuh sang tokoh iklanmenjadi bagus, meskipun akhir-akhir ini dimunculkan sang tokoh iklan sedangberlatih.

Tentu munculpertanyaan, benarkah dengan minum L Carnitin, tubuh seseorang akan menjadibagus dan indah seperti itu? Mmm.. akal yang sehat pasti mengatakan, mau minumL carnitin satu drum pun tanpa berlatih, tak akan bisa. Setiap suplemen tidakbisa berdiri sendiri tanpa faktor lainnya.  Sebenarnya apa L Carnitine itu?

L Carnitineadalah asam amino non protein yang ditemukan pada jantung dan otot tulang.Dalam sel hidup diperlukan untuk pengangkutan asam lemak dari sitosol kemitokondria dan memberikan energi pada jantung dan sel otot tulang. Carnitine membutuhkanvitamin C (asam askorbat) untuk proses sintesisnya.

L carnitin memilikibeberapa fungsi bagi kesehatan. Asam amino tersebut memiliki efek antioksidansehingga memberikan efek perlindungan terhadap peroksidasi lipid dan oksidasimembran fosfolipid. Beberapa studi menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi Lcarnitin memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terkena serangan jantungatau menderita rasa sakit di dada. namun penelitian yang lain tidak menemukanmanfaat yang diklaim tersebut. Oleh karena itu penelitian lebih lanjutdibutuhkan.(Arsenian, 1997)

L Carnitine jugadapat digunakan untuk membantu penanganan diabetes neuropati yaitu ketika kadargula darah tinggi merusak saraf dalam tubuh, terutama tangan, kaki, dan kaki.Beberapa penelitian pendahuluan menunjukkan asetil-L-carnitine dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasanormal saraf yang terkena. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan. L Carnitine jugadipercaya dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh selama berolahraga. 

Beberapastudi menunjukan bahwa L Carnitine oral dapat mengurangi massa lemak,meningkatkan massa otot, dan mengurangi kelelahan. Sehingga berdampak padapenurunan berat badan. Jadi bukan membuat perut six pack dan tangan kekar ya.^^. itu butuh latihan. Dan ternyata fungsi pembentukan otot, bukan satu-satunya fungsi yang digunakan dalam ilmu kesehatan.

Di alamkonsentrasi tertinggi L carnitine terdapat pada daging merah dan produk olahansusu. Untuk sumber alami lain nya termasuk kacang-kacangan dan biji (misalnyalabu , bunga matahari , wijen, kacang-kacangan (buncis , kacang polong , kacangtanah), sayuran (artichoke , asparagus , bit hijau , brokoli , bawang putih ,sawi , okra , peterseli , kangkung), buah (aprikot , pisang), serealia (gandum , jagung , millet , oatmeal , beras dedak , rye , gandum utuh , gandumdedak , bibit gandum) dan makanan kesehatan lain (serbuk sari lebah)

Sebenarnya sumber dari L-Carnitine sudah sangat banyak dialam, dan kitabisa mencukupinya sendiri jika menerapkan konsumsi seimbang. Namun saat inimuncul tren penjualan L-carnitine dalam bentuksuplemen. L-carnitine sebagai suplemen dalam berbagaibentuk.
  • L-carnitine: yang paling banyak tersedia dan paling murah
  • Asetil- L-carnitine: Sering digunakan dalam studi untuk penyakit Alzheimer dan gangguan otak lainnya
  • Propionil-L- carnitine: Sering digunakan dalam studi untuk penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer
Ada satu tipe lagi, namun perlu dihindari, yaitu D-carnitine,karena mereka mengganggu bentuk alami L-carnitinedan dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan. 
Dosis pemberian L-carnitine bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan seseorang. Dosis yang biasa adalah antara 1 - 3 g per hari:
  • Angina dan gagal jantung: 1,5 - 2 g per hari
  • Penyakit jantung: 600 - 1.200 mg 3 kali sehari, atau 750 mg 2 kali sehari
  • Peripheral vascular penyakit: 2 - 4 g per hari
  • Diabetes neuropati: 3 g per hari
  • Male infertilitas: 300 - 1000 mg 3 kali sehari
  • Sindrom kelelahan kronis: 500 - 1.000 mg 3 - 4 kali per hari
  • Overactive thyroid: 2 - 4 g per hari dalam 2 - 4 dosis terbagi
Semogabermanfaat. ^^

Bot Pranadi

No comments:

Post a Comment