Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

gabunglah dengan ribuan orang pecinta "HIDUP sehat"

Bloosom-end Root alias Busuk Pantat Tomat, Mudah Penangangannya

Written By Admin on Thursday 4 October 2012 | 18:04

Gambar: LAN, 2012
Bercak coklat yang muncul di ujung buah tomat seperti pada gambar diatas sering muncul pada tanaman tomat. Merusak tampilan buah dan menurunkan nilainya, seperti tomat busuk. Penampakannya seperti terserang penyakit tomat, tetapi sebenarnya ini adalah gejala klasik yang muncul karena gejala fisiologis akibat ketidak seimbangan kalcium pada tanaman. Selain menyerang tomat,gejala ini juga dapat menyerang tanaman lada, labu, dan semangka.

Biasanya menyerang pada saat ukuran tomat sudah mencapai setengah dari ukuran maksimal. Gejalanya muncul sebagai bintik-bintik bulat di bagian pantat buah yang berlawanan dengan ujung pangkal batang dari buah tomat. Bintik coklat ini terlihat seolah direndam air kemudian akan berkembang menjadi hitam dan jika dibiarkan akan membusuk. Jika diraba dengan tangan akan terasa kasar dan diikuti serangan lanjutan dari jamur akibat lembabnya daerah yang berbintik coklat. Akhirnya tomat harus di ambil dan dibuang. Tapi kalau sayang masih bisa di jus kok ^^

Gejala ini biasanya muncul apabila musim tanam dimulai pada saat musim hujan ke 2 (MH 2) dan pada saat buah telah muncul, musim telah memasuki musim kemarau.

Kalsium dibutuhkan dalam konsentrasi yang relatif besar untuk pertumbuhan sel.Ketika buah sedang fase pertumbuhan dan kekurangan kalsium, jaringan akan rusak meninggalkan bekas yang khas di bagian pantat buah.

Beberapa hal yang dapat membatasi kemampuan tanaman untuk menyerap kalsium: kelebihan nitrogen di tanah, kerusakan akar saat pemupukan atau penanganan tanaman, pH tanaman yang tidak sesuai karakteristik tanaman, kelembapan tanah yang tidak stabil dan tak sesuai karakteristik, salinitas tanah yang tinggi, dan suhu tanah yang terlalu dingin. Selain itu curah hujan yang sangat tinggi juga dapat menutupi bulu akar tanaman sehingga mencegah penyerapan kalsium dari tanah sekitarnya.


Bagaimana cara mengatasinya?
tentu saja hilangkan faktor penyebabnya. Hehe. Yang terpenting untuk dilakukan adalah meningkatkan kualitas tanah di daerah pertanaman. 
  1. Seimbangkan kandungan nutrisi tanah. Apabila telah terjadi gejala, dapat ditambahkan dengan pupuk kalsium yang cepat di serap oleh tanah. 
  2. Hindari penggunaan pupuk N yang tinggi. Selain dapat mengurangi penyerapan kalsium, N yang tinggi meningkatkan resiko serangan penyakit.
  3. Jaga kelembapan tanah pada kondisi optimal. Apabila tanah terlalu kering, siram secukupnya hingga lapisan tanah sedalam 10 cm tetap basah. Tapi bukan banjir ya.^^. Lebih efektif apabila menggunakan mulsa perak.
  4. Jaga pH tanah pada titik sekitar 6,5
  5. Apabila telah ditanam, hindari penggemburan tanah yang terlalu dalam saat pembersihan gulma, karena dapat merusak akar
Mudah-mudahan bermanfaat
Oya, anda bisa download ebook TEKNIK LENGKAP BUDIDAYA TOMAT DI SINI



 "khasiat tomat", buah tomat, jus tomat, "kandungan tomat", manfaat tomat, budidaya tomat, tanaman tomat, tomat buah, tomat manfaat
untuk kecantikan, penyakit tumbuhan dan hama, pengendalian hama penyakit, hama pada tomat
hama penyakit tomat

No comments:

Post a Comment