Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

gabunglah dengan ribuan orang pecinta "HIDUP sehat"

Fungsi dan Kandungan Arang Sekam/Sekam Bakar [Note]

Written By Admin on Tuesday 1 November 2011 | 09:06

Sekam bakar mengandung SiO2 (52%), C (31%), K (0.3%), N (0,18%), F (0,08%), dan kalsium (0,14%). Selain itu juga mengandung unsur lain seperti Fe2O3, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang kecil serta beberapa jenis bahan organik. Kandungan silikat yang tinggi dapat menguntungkan bagi tanaman karena menjadi lebih tahan terhadap hama dan penyakit akibat adanya pengerasan jaringan. Sekam bakar juga digunakan untuk menambah kadar Kalium dalam tanah.

pH sekam bakar antara 8.5 - 9. pH yang tinggi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pH tanah asam. PH tersebut memiliki keuntungan karena dibenci gulma dan bakteri. Peletakan sekam bakar pada bagian bawah dan atas media tanam dapat mencegah populasi bakteri dan gulma yang merugikan.

Sekam bakar memiliki kemampuan menyerap air yang rendah dan porositas yang baik. Sifat ini menguntungkan jika digunakan sebagai media tanam karena mendukung perbaikan struktur tanah karena aerasi dan drainase menjadi lebih baik.

Karena kandungan dan sifat ini, sekam bakar sering digunakan sebagai media tanam tanaman hias maupun campuran pembuatan kompos.

[Note]: catatan ringan, masih membutuhkan pengayaan dan edit. Biasanya ditulis dari HP. Mumpung inget. Sayang kalau ga dibagi.
Published with Blogger-droid v1.7.2

2 comments:

Anonymous said...

di daerah saya sekam cuma dibuang2

Jurnal Organik said...

arang sekam memang sangat banyak manfaatnya bagi tanaman, diantaranya adalah digunakan sebagai bahan dasar pupuk organik, informasi yang bermanfaat. Makasih infonya mas.... salam pertanian

Post a Comment